Rabu, 04 Juli 2012

Meimilih Bibit Kelinci Sehat

Banyak orang tidak dapat membedakan antara kelinci sehat dan yang sakit,kebanyakan orang (pembeli) melihat kecantikan dan corak warna yang bagus saja,sementara kelinci yang cantik belum tentu sehat.

Secara fisik,kelinci yang sehat pada umumnya berbadan bulat,dada lebar,daging terlihat gembal dan berisi.Bulu terlihat mengkilap,bersih,licin dan rapi.Kelinci sehat juga bisa di lihat dari tingkah laku nya yang enerjik,tidak murung,dan gerakan nya yang lincah (tidak lemas).


Untuk mempelajari lebih dalam mengenai kesehatan kelinci,berikut ini beberapa petunjuk memilih kelinci sehat.


a.Bagian mata

bagian mata kelinci sehat akan terlihat jernih,bersih,terang,dan bersinar.Sementara kelinci yang yang tidak sehat akan memilik mata ber air,basah,lengket,dan kotor
b.bagian Hidung dan Mulut
kelinci sehat akan memiliki bagian hidung atau tepat nya di atas mulut trlihat  bersih dan kering,jika bagian ini basah dan kotor,bisa di pastikan kelinci tersebut mengalami gejala flu ( dalam keadaan sakit).
c.bagian leher
bagian leher kelinci yang sehat akan terlihat menggelmbir,berisi terlihat sperti gondok.Bagian yang menggelembir tersebut akan nampak di bagian leher depan,terlihat cembung dan menonjol.
d.Bagian kaki
umum nya kaki kelinci sehat akan terlihat berisi,lurus dan bersih tanpa gudikan.Jika kaki kelinci terliaht bengkok,ini menandakan kelinci tersebut mengalami kekurangan kalsium pada mas kecil nya atau cacad.
e.Bagian ekor
Perhatikan ekor pada kelinci,bentuk ekor juga mengindikasikan kelinci tersebut sehat atau sakit.Ekor yang lurus tegak ke atas dan menempel ke tubuh bagaian belakan kelinci,ini adalah ciri kelinci yang sehat,jika ekor lurus namun melenceng kekiri,ke kanan,dan kebawah,menandakan kelinci tidak sehat atau mengalami gangguan penyakit.Jika terlihat ciri ekor sperti ini,kemungkinan kelinci mengalami gangguan ginjal,kantong kemih.pencernaan,atau gangguan hati.
f.Bagian Dubur
Salah satu penyakit yang sering menyerang kelinci adalah mencret,jadi untuk mengetahui kelinci dalam keadaan sehat atau tidak mangalami mencret,anda bisa memeriksa ke bagian dubur kelinci.Bagian dubur akan terlihat bersih dan kering,ini menandakan kelinci tersebut dalam keadaan sehat atau tidak mencret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar